Business to Business Marketing

Halo Pak Manajer, jumpa lagi nih dengan Marketing Itu Mudah, kali ini saya akan tuliskan mengenai 80 Konsep Manajer, yang tentu saja Bapak Manajer harus perthatikan.

Eh bos, tau ndak? Belakangan ini penjualan banyak dilakukan secara business to business( B2B ), saya ga perlu jelasin to, apa itu business to business, karena kalau belum tau berarti bapak harus belajar lebih giat deh. Lanjut ya pak, meskipun banyak sekali teori marketing di luar sana menitik beratkan pada aktivitas business to consumer ( B2C ) namun tidak ada salah nya, sebagai inovasi kita dalam menjalankan bisnis marketing ini, kita mulai terapkan system business to business.

Perhatian yang lebih terhadap model business to consumer sebenarnya sangat beralasan, karena sebenarnya B2C adalah dasar ditemukannya konsep marketing moderen, dan sytem B2B juga harus belajar banyak dengan menerapkan model pemikiran B2C.

Tenaga Penjual tidak kalah pentingnya dalam bisnis B2B ini, namun kita tidak dapat mengandalkan 100% kepada Tenaga Penjual ini, bayangkan bila produk kita adalah mesin cuci seharga 25 juta, atau mesin pemintal seharga ratusan juta, tentu sekala prioritas kita tidak hanya lokal, bisa jadi nasional dan bahkan internasional.

Kian hari kian panas, panas dengan persaingan-persaingan ketat antar vendor apapun itu bentuk nya, belakangan banyak perusahaan yang memperbanyak Account Manajer, atas alasan untuk menghemat biaya kunjungan kepada konsumen, biaya transportasi mungkin, biaya hotel. Perusahaan dapat menggunakan videoconfrencing, atau membangun web-site yang secara berkala akan mengurangi jumlah pengeluaran yang dianggarkan kepada Tenaga Penjual.

Get The Point pak manajer???

==============================
Berdasar Buku dengan judul MARKETING INSIGHT FROM A - Z ( 80 Konsep Yang Harus Dipahami Oleh Setiap Manajer) oleh : Philip Kotler 
==============================

0 comments:

Post a Comment

Copyright © Marketing Itu Indah